RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Standar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  1. A.    IDENTITAS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan      :

Kelas                           : VIII (Delapan)

Semester                      : II (Dua)

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial

Jumlah Perempuan      : 2 x Pertemuan / 3 x 35 menit

  1. B.     STANDAR KOMPETENSI

Memahami usaha persiapan kemerdekaan

  1. C.    KOMPETENSI DASAR

Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia

  1. D.    INDIKATOR

–          Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi

–          Mengidentifikasi proses terbentuknya NKRI

–          Menyebutkan 5 tokoh pahlawan yang terlibat dalam proses proklamasi

  1. E.     TUJUAN PEMBELAJARAN

–          Siswa dapat menjelaskan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi

–          Siswa dapat menjelaskan proses terbentuknya NKRI

–          Siswa dapat menyebutkan 5 tokoh pahlawan yang terlibat dalam proses proklamasi

  1. F.     ALOKASI WAKTU

Waktu             : 6 jam pelajaran

Pukul               : 07.30 – 09.15

  1. G.    METODE PEMBELAJARAN

–          Ceramah

–          Eksplorasi buku

–          Diskusi

–          Tanya jawab

  1. H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

Kegiatan Awal (5 menit)

–          Siswa memberikan respon atas kehadiran yang dibacakan oleh guru;

–          Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang diterangkan guru;

–          Siswa menjawab apersepsi guru.

Kegiatan Inti (90 menit)

–          Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses terjadinya proklamasi;

–          Siswa menjelaskan kembali proses terjadinya proklamasi;

–          Siswa berdiskusi tentang ……….;

–          Siswa mengungkapkan hasil diskusi;

–          Siswa mengerjakan latihan;

–          Siswa mengumpulkan pekerjaan.

Kegiatan Akhir (25 menit)

–          Siswa menyimak balikan yang dijelaskan guru;

–          Siswa membuat kesimpulan.

PERTEMUAN 2

Kegiatan Awal (5 menit)

–          Siswa memberikan respon atas kehadiran yang dibacakan guru;

–          Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang diterangkan guru;

–          Siswa menjawab apersepsi guru.

Kegiatan Inti (75 menit)

–          Siswa menyimak penjelasan guru tentang proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

–          Siswa mengadakan tanya jawab tentang proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

–          Siswa berdiskusi tentang ………….;

–          Siswa mengungkapkan hasil diskusi;

–          Siswa mengingat materi yang telah dipelajari.

Kegiatan Akhir (30 menit)

–          Siswa menyimak balikan yang dijelaskan guru;

–          Siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru;

–          Siswa mengerjakan soal evaluasi yang ditugasi guru;

–          Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan.

  1. I.       PENILAIAN HASIL BELAJAR

Prosedur                      : Pada saat kegiatan inti

Jenis Penilaian             : tes perbuatan & tes tulis

Bentuk Penilaian         : objektif

Alat penilaian              : soal dan portofolio

  1. J.      Sumber belajar

–          Buku pelajaran

–          LKS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s